Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Wakili Sekda, Inspektur Daerah Ikuti Webinar Penguatan SDM APIP

dbc9ec33 20ba 48ec 85b3 7d6ec749e0d8Labuhanbatu,

Mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Inspektur Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ahlan Ritonga mengikuti Webinar Penguatan Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Melalui Pemenuhan Kebutuhan SDM di Provinsi/Kabupaten/Kota yang diselenggarakan oleh Kemendagri bersama KPK melalui daring di Ruang Rapat Kantor Bupati Labuhanbatu, Rabu (13/09/2023).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik, bagaimana APIP mau difungsikan. APIP diharapkan dapat difungsikan dengan baik, bangkit, dan membuat komunitas inspektorat yang aktif. Bagi kepala daerah, adanya APIP ini sangat bermanfaat.“Kalau ada kepala daerah yang tidak memanfaatkan APIP sangat rugi, Tolong kepala daerah, memperkuat APIP nya. Kepala daerah tidak akan mampu mengawasi semua di daerahnya,” ucapnya.

Tito menambahkan bahwa APIP tidak boleh hanya responsif, hanya menangani pengaduan dan audit. APIP harus proaktif seperti memberikan konsultasi. APIP yang baik akan menciptkan komunitas inspektorat yang baik. Bersama sama kita memperkuat APIP di daerah.Dalam Webinar yang diikuti oleh para Kepala Daerah atau perwakilan dari seluruh Indonesia ini, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan ada kaitan KPK dengan APIP, KPK melakukan tindakan pencegahan, supaya tidak terjadi korupsi. KPK bekerja berkoordinasi dengan instansi yang menangani korupsi.

APIP memliki peran penting, dan perlu memiliki Oversight yaitu memastikan seluruh unit kerja APIP, Insight yaitu memberikan jasa konsultasi dalam meningkatkan kinerha pemerintahan, dan Foresight yakni kemampuan mengidentifikasikan perkembangan dan tantangan yang akan di hadapi oleh pemerintahan.“Saya ingin rekan-rekan APIP bisa menjalankan peran-perannya, karena korupsi masih ada. APIP bias mencegah korupsi, jangan menjadi bagian KKN di pemerintahan. Rekan-Rekan APIP, kita tidak putih, kita tidak sempurna, tapi kita harus selalu berusaha bersih,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi penguatan SDM APIP oleh para narasumber.