Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Rapat Lanjutan Persiapan Bupati Sapa Desa

6fc91bb3 5f48 4835 b779 2e6f8de05d9eLabuhanbatu,

Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ir.Hasan Heri Rambe memimpin kembali Rapat Persiapan Bupati Sapa Desa di Ruang Rapat Bupati (01/11/2023)

 

Rapat tersebut merupakan tindaklanjut daripada rapat yang digelar kemarin, yang mana dari hasil rapat kemarin Sekretaris Daerah Ir. Hasan Heri Rambe menyampaikan bahwa Program Bupati Sapa Desa adalah salah satu program Bupati Labuhanbatu dalam memBOLO Labuhanbatu.

Hasan Heri juga menjelaskan bahwa kehadiran program Bupati Sapa Desa ini nantinya bertujuan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, sehingga masyarakat diharapkan benar-benar merasakan kehadiran pemerintah daerah.Lebih lanjut, Hasan Heri Rambe juga menjelaskan program ini untuk mempercepat penurunan dan penanggulangan kemiskinan Ekstrim di desa melalui berbagai bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan lainnya dengan tepat sasaran. Mempercepat penurunan Stunting di desa, penguatan pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa, serta melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait berbagai kebijakan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.Hasan Heri Rambe berpesan kepada Instansi-instansi terkait agar dapat bekerjasama dalam menjalankan Program Bupati Sapa Desa, sehingga program ini diharapkan dapat terus berjalan dan berkelanjutan.

Kepala Dinas PMD Abdi Jaya Pohan menerangkan secara rinci kegiatan Bupati Sapa Desa nantinya diantaranya:Memberikan bantuan sosial, menyalurkan BLTDD, Beasiswa, Penyerahan Kartu dan Buku Tabungan Bantuan, Bimbingan Perkawinan untuk calon pengantin, pengcoveran kartu JKN untuk bayi Stunting maupun masyarakat, pemberian bantuan ternak kambing, pemberian bantuan boat.

Selain itu, nantinya akan ada layanan Publik kepada masyarakat, seperti: layanan pengaduan dan konseling perempuan, layanan administrasi kependudukan, layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, layanan loket BPJS keliling, sim keliling, layanan haji.Serta akan ada penyuluhan/sosialisasi kepada masyarakat diantaranya penyuluhan prosedur Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Jaksa Menyapa, Layanan Ambulance murah untuk masyarakat," jelas Abdi Jaya Pohan pada saat rapat.

Abdi Jaya Pohan juga menyampaikan bahwa untuk Program Bupati Sapa Desa kunjungan kedua ini akan dilaksanakan pada tanggal 09 November 2023.Rapat dilanjutkan dengan diskusi terkait Program tersebut, yang diikuti oleh para peserta rapat.

Turut Hadir dalam rapat tersebut Asisten 1 Setdakab Drs.H.Sarimpunan Ritonga, Asisten 3 Zaid Harahap, Kepala Bappeda Hobbol Z Rangkuti, Forkopimda, Kepala Kemenag Dr.H.Asbin Pasaribu, BUMN, Samsat dan perusahaan swasta serta tamu undangan lainnya.