Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Wujudkan Program Labuhanbatu Satu Data, TP PKK Gelar Sosialisasi Administrasi dan SIM PKK

724393df cc71 461c 8d7d 6217ccf4155cLabuhanbatu,

Bupati Labuhanbatu dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir. Hasan Heri Rambe membuka secara resmi Rapat Sosialisasi Administrasi dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati. Senin (30/10/2023).

 

Dalam pidato sambutan Bupati, Sekretaris Daerah Ir Hasan Heri Rambe menyampaikan bahwa Kehadiran lembaga-lembaga dan gerakan sosial kemasyarakatan seperti PKK yang telah teruji keberadaannya memberikan harapan besar bagi Pemerintah untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam kehidupan keluarga. 

Oleh karena itu, kiranya PKK dalam mengembangkan kegiatannya tidak berdiri sendiri melainkan harus bermitra secara sinergi dan berkolaborasi dengan OPD, Kecamatan, serta organisasi dan lembaga Kemasyarakatan lainnya. Bila bermitra seperti ini dapat dikembangkan maka akan tercipta proses saling belajar dan melakukan upaya bersama untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu, ucap Hasan Heri Rambe.Hasan Heri Rambe menjelaskan, jaringan dan mekanisme PKK yang terstruktur telah menyebar dari pusat sampai ke daerah serta kelompok-kelompok PKK, ini menunjukkan bahwa gerakan PKK memiliki potensi yang sangat penting.

Melalui kegiatan ini berbagai permasalahan, hambatan, peluang, tantangan yang berkaitan dengan kondisi kehidupan keluarga dan masyarakat kita dapat dijadikan landasan dalam penetapan kebijakan dan program-program PKK saat ini dan masa mendatang.
Saat ini untuk pendataan di Kabupaten Labuhanbatu masih 60%, dan kami berharap dalam tahun ini dapat dirampungkan sampai 100%, pesan Hasan Heri Rambe. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Ny.Hj. Maya Hasmita Adtrada,Sp.OG,MKM mengatakan kegiatan sosialisasi ini untuk menindaklanjuti telah di launchingkannya sistem informasi manajemen (SIM) PKK E-Dasa Wisma oleh Bupati Labuhanbatu.Dasawisma memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan PKK di tingkat Desa/Kelurahan yang nantinya akan berpengaruh pada kegiatan 10 program pokok PKK.

Untuk itu saya berharap kepada ketua TP PKK Kecamatan dan Desa maupun Kelurahan agar membentuk dan mengaktifkan kelompok-kelompok PKK di Lingkungan. Dengan demikian keberadaan kelompok Dasawisma sebagai wali data PKK akan mempermudah Koordinasi dan Jaringan di Kelompok PKK sehingga program PKK dan Pemerintah dapat berjalan tepat sasaran (Bottom Up Planning), ucap Maya Hasmita.Sebelumnya Kepala Dinas PMD Abdi Jaya Pohan menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengumpulkan data secara sistematis sehingga menghasilkan suatu informasi yang lebih tepat dan akurat.Adapun narasumber pada kegiatan ini yakni dari Dinas Kominfo yang akan mensosialisasikan tentang pengisian serta penginputan data dasawisma melalui aplikasi E-Dasawisma.

Turut Hadir dalam kegiatan Para Camat, Ketua TPP PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan Se Kabupaten Labuhanbatu, Operator SIM PKK.