Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Pemkab Labuhanbatu Lakukan Kunjungan Studi Tiru Kabupaten Layak Anak Kota Batam

d797cb4c 1086 4c45 a524 dd1c9218a166Labuhanbatu,

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melakukan kunjungan studi tiru Kabupaten Layak Anak (KLA) Pemerintah Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, Senin (11/12/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Batam yang telah berkenan menerima kunjungan dari tim gugus tugas KLA Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.Dikatakan Wabup, kedatangan tim gugus tugas KLA Labuhanbatu kesini untuk bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota Batam. Selain itu, kami melihat Pemerintah Kota Batam telah mencapai predikat NINDYA pada evaluasi Kabupaten/Kota layak anak pada tahun 2023 dan tahun - tahun sebelumnya."Oleh Karena itu kami ingin belajar dan menimba ilmu dari keberhasilan Pemerintah Kota Batam dalam mewujudkan Kota Batam Layak Anak tingkat NiNDYA," kata Wabup.

Dijelaskan Wabup, Kabupaten Labuhanbatu secara rutin setiap tahun mengikuti evaluasi Kabupaten Layak Anak yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia mulai tahun 2015 sampai 2023."Dalam kurun waktu tersebut, selama tahun 2015 hingga tahun 2022. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mendapat predikat Pratama (Dasar) dan tahun 2023 mendapat predikat MADYA," Ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan walaupun Kabupaten Labuhanbatu belum mendapatkan hasil yang maksimal, hal ini tidak menyurutkan langkah kami untuk terus mengikuti penilaian evaluasi KLA setiap tahunnya."Karena kami menyadari bahwa penilaian evaluasi KLA merupakan momen yang penting, untuk terus meningkatkan komitmen hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Labuhanbatu," Ungkapnya.

Wabup juga menambahkan selain itu sinergi antara 4 (empat) pilar KLA pemerintah daerah, dunia usaha, media massa dan masyarakat (lembaga masyarakat) belum berjalan efektif dan efisien.Ia berharap Pemerintah Kota Batam dapat menyampaikan upaya - upaya strategis maupun inovasi di tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Pemko Batam yang telah maupun yang akan dilaksanakan dalam mewujudkan Kota Batam Layak Anak agar selanjutnya dapat kami terapkan di Kabupaten Labuhanbatu. 

Turut Hadir Kepala Bappeda Hobol Z Rangkuti, Kepala DPPA Hj. Tuti Norpida Ritonga, Kepala Dinas Perpustakaan, Kepala Disdukcapil Maznil Khairi M.Pd, Kepala DPPKB Hj. Mahrani MKM, Kepala Dinpen Asrol Azis Lubis MAP, Kasatpol PP M. Yunus Hasibuan, Kepala Balitbang H. Zuhri, Kepala Kesbangpol Nilwansyah.