Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bidan Sebagai Garda Terdepan Mengawal Kesehatan di Labuhanbatu

Teks Foto : Plt. Bupati Labuhanbatu didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe sedang motong kue tar pada acara Hari Ulang Tahun IBI Kabupaten Labuhanbatu ke-67 di Gedung Nasional Rantauprapat.  

IMG 7234RANTAUPRAPAT, ML : Dalam rangka HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-67 di Kabupaten Labuhanbnatu, yang berlangsung di Gedung Nasional Rantauprapat, IBI mengusung tema "Bidan Garda Terdepan Mengawali Kesehatan Maternal Neonatal melalui Gerakan Masyarakat (Germas) dan menuju masyarakat Labuhanbatu yang sehat dan sejahtera, Rabu (29/8/2018).

Tema tersebut bermakna bahwa bidan merupakan mitra strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan KIA, KB dan kesehatan, profesi bidan tidak terlepas dari upaya untuk mengurangi angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir, HUT IBI di Labuhanbatu dilaksanakan untuk membantu Pemerintah dalam pembangunan Nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dalam sambutanya menyampaikan bidan merupakan pejuang kesehatan bagi seluruh masyarakat di Indonesia, terkhusus bidan-bidan yang bertugas di desa, IBI adalah organisasi yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"IBI adalah organisasi yang sangat dibutuhkan masyarakat, saya selaku Kepala Daerah akan terus mendukung dan memotivasi segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan IBI kedepanya, selanjutnya saya berharap organisasi ini dibentuk sampai ketingkat yang paling bawah seperti desa atau kelurahan, " sebut Andi. 

Lebih jauh Andi Suhaimi mengatakan organisasi IBI harus terjun langsung ke masyarakat guna memberi program-program yang inovatif serta membantu meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya di desa, berdasarkan hasil Riskesdes, lebih dari 80% ibu bersalin dilayani oleh bidan yang berada di desa. 

"Kami dari Pemkab berharap IBI di Labuhanbatu dapat bekerjasama lebih baik lagi, hari ini dana untuk peringatan HUT IBI Ke-67 masih bersumber dari para anggota IBI dan donatur lainya, tetapi insyaallah tahun 2019 mendatang, kegiatan ini akan kita masukkan ke dana APBD," tutup Andi Suhaimi. 

           

Ketua IBI Sumatera Utara Hj. Idau Ginting SST, MKes dalam kesempatannya mengungkapkan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) sangat mengharapkan dukungan dari Pemkab Labuhanbatu khususnya kepada Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, selanjutnya IBI juga berkomitmen untuk mendukung kesuksesan Pemkab Labuhanbatu. 

"Pada tahun-tahun sebelumnya kami dari IBI turut andil dalam pengangkatan 39.000 ribu bidan PTT menjadi ASN, dan sampai saat ini kami juga masih tetap berusaha untuk melakukan hal yang sama demi kesejahteran para bidan di Indonesia," ungkapnya.

Ketua PC IBI Labuhanbatu Hj. Ernawati SKM, MKM mengatakan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merupakan organisasi profesi yang menghimpun para bidan di Indonesia, menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya dalam rangka membina pengetahuan dan keterampilan bidan, khususnya dalam pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)  serta kesejahteraan keluarga dan masyarakat. 

"Peringatan hari ulang tahun IBI Ke-67 dan seminar kesehatan ini dapat terselenggara berkat bantuan dari anggota IBI Kabupaten Labuhanbatu, untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih atas partisipasinya, penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada segenap panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya kegiatan ini," sebut Ernawati. 

Nurhetti L.Tobing SKM, MM selaku ketua panitia menjelaskan, HUT IBI ke-67 sengaja dilaksanakan di Gedung Nasional sebagai momen untuk menghimpun para bidan di Kabupaten Labuhanbatu yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberi dukungan, asuhan, selama masa hamil, memfasilitasi persalinan dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi. 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan inovasi serta memenuhi ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial budaya khususnya dibidang kesehatan, serta penguatan profesi dan organisasi untuk meningkatkan kualitas IBI dan menetapkan IBI sebagai organisasi profesi bidan yang handal.