Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Sekdakab Labuhanbatu Himbau ASN Untuk Meningkatkan Disiplin, Keteladanan dan Etos Kerja

Teks Foto : Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM ketika menyampaikan arahannya apada Upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di Lapangan Diklat BKPP.

IMG 6172RANTAUPRAPAT, ML : Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM pada upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang berlangsung, Senin (31/12/2018) pagi di Lapangan Diklat BKPP, meminta dan menghimbau kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk senantiasa meningkatkan disiplin, keteladanan dan etos kerja yang tinggi untuk bergerak maju di tahun 2019.

            Hari Senin tanggal 31 Desember ini nerupakan hari dan Apel terakhir di Tahun 2018, insya Allah yang hadir ini masih bisa memberikan kedisiplinan, keteladanan dan mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi yang tidak hadir, mereka terlalu bersemangat untuk menyambut 2019, kita masih mempunyai semangat untuk mengakhiri 2018 ini dengan kedisiplinan, mudah-mudahan dengan etos kerja yang sangat tinggi.

Sebenarnya di akhir apel ini maunya kita hadir semua, karena ini akhir dari pertemuan kita di 2018, karena tidak ada lagi besok hari senin di 2018 karena ini merupakan hari terakhir di 2018, kita harus meninggalkan dan meletakkan landasan yang kokoh terutama kinerja kita sehingga menjadi titik tolak untuk bergerak maju di 2019, kalau semangat mengakhiri tidak ada bagaimana semangat untuk memulai 2019, kata Ahmad Muflih.

            Lebih lanjut Ahmad Muflih mengatakan, Apel Gabungan ini sangat strategis  terutama pada hari ini karena disamping untuk menegakkan disiplin, juga apel hari ini merupakan ajang silaturrahmi, bertukar informasi terlebih-lebih masalah kinerja masing-masing di 2018, mudah-mudahan saja tidak ada masalah sehingga melangkah 2019 kita dengan berani dan dengan langkah pasti.

Oleh karena itu, agenda 2018 yang harus kita kerjakan di 2019, Pertama, Mempertanggung jawabkan semua kebijakan-kebijakan yang telah dilaksanakan pada 2018, amanat, ketentuan bahwa Laporan Keuangan telah disampaikan dan telah harus diperbuat 3 bulan setelah berakhir tahun anggaran, oleh karena itu Kepala BPKAD sebagai koordinator penyusunan Laporan Keuangan agar mempersiapkan langkah-langkah untuk percepatan penyusunan Laporan Keuangan, tentunya ini diawali dengan Laporan Keuangan dari Kepala OPD, siapkan Laporan Keuangan masing-masing 2018.

Menurutnya, bahwa atas Laporan Keuangan 2017 kita termasuk 5 Kabupaten/Kota yang tercepat pada waktu itu, mudah-mudahan di 2019 ini atas Laporan Keuangan 2018 kita jangan kendur, bahkan kalau bisa kita paling terdepan, ini pesan kami kepada semua OPD untuk mempersiapkan Laporan Keuangan, kemudian Kepala BPKAD serta perangkatnya mempersiapkan langkah-langkah untuk percepatan ini tentu dengan Laporan yang berkualitas.

            Sekdakab juga mengatakan, 4 tahun kita masih bertahan di Wajar Dengan Pengecualian, kita berharap di 2019 ini mampu meraih Wajar Tanpa Pengecualian, oleh karena itu perlu mempersiapkan Laporan Keuangan dengan baik, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, demikian juga dengan Laporan Barang Milik Daerah, masalah Asset, Alhamdulillah masalah asset kita telah memadai, tapi mudah-mudahan dengan adanya mutasi dan mobilisasi asset 2018 ini masih bisa ditata dengan baik.

            Mudah-mudahan kasus-kasus kas tidak ada yang terjadi di masing-masing OPD, kemudian menjelang 2019 R-APBD Kabupaten Labuhanbatu telah disetujui, bahkan telah selesai di evaluasi oleh Gubernur dan kedepan kita minta supaya Kepala OPD juga mempersiapkan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) kalau bisa minggu pertama sudah bisa disahkan oleh Sekretaris Daerah dan pada minggu kedua selambat-lambatnya sudah bisa UP bagi OPD sehingga di 2019 tidak ada kendala dalam mengoperasionalkan pemerintahan ini, jelas Ahmad Muflih.

            Apel Gabungan yang turut dihadiri Kepala Bapenda Tomi Harahap, S.Sos, M.AP, Kadis Kominfo H. Muhammad Ihsan Harahap, ST, Kepala Bappeda Drs. H. Muhammad Ridwan Rambay, M.Si, Kepala Dinas PP & PA Dra. Hj. Ernida Rambe, Kepala DLH H. Kamal Ilham, SKM, Staf Ahli Bidang Ekbang Ir. Esty Pancaningdyah, M.Si, Sekretaris Dewan Elyani Dalimunthe, SE dan Kepala Dinas PMD Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Labuhanbatu.