Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Lewat HPSN 2019, Kabupaten Labuhanbatu Kembali Berjuang Raih Adipura

Teks Fhoto : Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK saat memberikan arahan kepada para peserta apel yang berlangsung di pelataran Tugu Adipura Simpang Kompi Senapan C 126/KC Rantauprapat

IMG 0876RANTAUPRAPAT, : Semangat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 bergelora di Kabupaten Labuhanbatu. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan Apel Bersama  Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri, di pelataran Tugu Adipura Simpang Kompi Senapan C 126/KC Rantauprapat, Kamis (21/2/2019).

Melalui momentum itu, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, dalam arahannya mengemukakan agar seluruh lapisan masyarakat dapat berjibaku untuk kembali meraih penghargaan Adipura di tahun 2019. 

"Ini adalah hari yang luar biasa, kita berkumpul di tugu Adipura ini adalah bukti, bahwa Kabupaten Labuhanbatu pernah bersih dan mendapatkan Adipura. Ini bukti nyata bahwa dulu kita pernah menjadi juara, harus kita raih kembali," ujar Dandim.

Untuk itu, Dandim menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mampu menciptakan kebersihan dengan mengawali terhadap diri sendiri melalui tindakan peduli terhadap sampah, yang diharapkan bukan hanya kepada penilaian terbaik, akan tetapi mampu melahirkan masyarakat yang sehat.

"Mari kita awali dari diri kita sendiri, jangan buang sampah sembarangan. Ada sampah kita ambil, buang ketempatnya. Kepedulian ini jangan hanya dikerjakan pada hari ini saja, akan tetapi harus tetap dilaksanakan dan dibiasakan setiap harinya, apabila lingkungan bersih, kita pasti sehat," pesan Letkol Inf Santoso.

Sementara, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK, juga mengajak masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan, terutama terhadap sampah produksi yang kerap ditemukan setiap harinya.

"Hal yang paling mudah adalah peduli pada diri kita, masih banyak sisa rokok berserakan yang dibuang sembarangan, itu adalah bentuk ketidak-pedulian kita pada diri sendiri. Serangkaian dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, mari kita kelola sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai," ucap Kapolres.

Tambah Frido, lingkungan merupakan wilayah terdekat, dengan mengingatkan kepada tetangga untuk tidak membuang sampah sembarangan, berarti kita turut meringankan tugas para penyapu jalan dan diharapkan dapat kembali meraih piala Adipura.

"Kita pernah dengar kota Padang adalah kota terbersih, kita rindu kota Labuhanbatu bisa menjadi kota terbersih se-Sumut, dan setidaknya kita bisa menyerupai kota Surabaya, tinggal kemauan kita dan upaya kita semua, mari kita gelorakan kepedulian terhadap sampah," tutup Kapolres.

Kegiatan yang dimulai secara serentak sekira pukul 08.00 WIB itu dilanjutkan dengan kerja bakti yang dibagi menjadi 11 zona meliputi, zona 1 dari titik gerbang 'Selamat Datang' kota Rantauprapat sampai dengan Titi Sei Bilah 2 Jalan H. Adam Malik ,zona 2 dimulai dari Titi Sei Bilah 2 sampai dengan Traffic Light Simpang Jalan Sirandorung, untuk zona 3, dimulai dari Simpang Aek Paing (Lapangan Tenis Kodim 0209/LB) sampai ke Simpang Tiga Mesjid Aek Paing Atas, zona 4 di mulai dari Simpang Sirandorung (Traffic Light) menuju ke Terminal Padang Bulan.

Sedangkan zona 5 dari terminal Padang Bulan sampai simpang Hocklie, zona 6 dari kantor Bupati sampai Pasar Sigambal, zona 7 dari Kompi sampai titi Sungai Bilah, zona 8 titi Sungai Bilah sampai Simpang 6, zona 9 dari Simpang Enam sampai Bank Mandiri, zona 11 dari Simpang Bank Mandiri sampai Suzuya Mall, dan untuk zona 11 dari Suzuya Mall sampai dengan Kantor Bupati.

Tampak hadir, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa SH,S.Pd, Asisten II Sekdakab H. Hasan Heri Rambe, Kabag Ops Polres Labuhanbanbatu Kompol Mustafa Nasution SH, Para Perwira Staf dan jajaran Danramil Kodim 0209/LB, sejumlah OPD, Camat Rantau Utara Andrea Nuzul Manik, S.STP, serta ratusan peserta yang meliputi ASN dan TNI/Polri serta siswa-siswi SMA/SMK.