Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu Turut Memeriahkan Malam Pagelaran Budaya Hari Jadi Pemkab Ke-74

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT saat disuguhi salak oleh salah seorang penari etnis Tapanuli Selatan yang tampil dengan tarian Salak-Salak Sibakua.

IMG 0602RANTAUPRAPAT, ML : Untuk memeriahkan Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu yang Ke-74 Tahun 2019, setiap malamnya dilaksanakan kegiatan Malam Pagelaran Budaya yang berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 18  s/d 20 Oktober 2019 di Lapangan ex Pasar Baru Rantauprapat untuk menyaksikan penampilan 12 etnis yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

            Kegiatan Pagelaran Budaya ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu peduli terhadap pembinaan eksistensi etnis, kita adalah masyarakat yang beradat dan berbudaya sehingga kita harapkan nantinya keber-anekaragaman budaya ini akan memupuk persatuan dan kesatuan kita untuk memajukan Kabupaten Labuhanbatu.

            Pagelaran Budaya pada malam pertama telah ditampilkan 4 etnis, yaitu etnis Melayu, Karo, Nias dan Pak-Pak Dairi, sedangkan pada malam kedua Bupati Labuhanbatu turut memeriahkan kegiatan tersebut dengan turut serta menari disetiap etnis yang tampil, baik etnis Jawa, Simalungun, Tionghoa dan Tapanuli Selatan, pada malam Pagelaran Budaya, Sabtu (19/10/2019) Malam.

            Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam sambutannya pada malam kedua ini mengatakan, Hari ini adalah malam yang kedua kita melakukan pentas etnis di Kabupaten Labuhanbatu, ini adalah rutinitas setiap tahunnya apabila kita melaksanakan HUT/Dirgahayu Kabupaten Labuhanbatu. Pada hari ini tempatnya agak berbeda, yang dahulu hanya di lapangan ikabina, hari ini kita buat di lapangan ex pasar baru, makanya banyak ekonomi-ekonomi kerakyatan yang bisa kita kunjungi dan juga banyak yang bisa kita lihat.

Kegiatan Ini kita lakukan untuk masyarakat, gunakan, manfaatkan waktu kita ini selama tiga hari ini dan besok kita lakukan pentas etnis yang terakhir dan di tanggal 21 kita akan melaksanakan penutupan dari pada expo HUT Pemkab Labuhanbatu yang ke-74 ini, mudah-mudahan nanti di acara penutupan masyarakat juga bisa terhibur dengan kedatangan Trio Alexis untuk menghibur masyarakat yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, harap Andi Suhaimi.

“Saya rasa apa yang kita lakukan hari ini adalah buat masyarakat keseluruhannya, mudah-mudahan Kabupaten Labuhanbatu kedepan bisa lebih baik, bisa lebih maju dan menjadikan Kabupaten Labuhanbatu yang lebih bermartabat,” kata Andi Suhaimi dihadapan ketua etnis jawa, simalungun, tionghoa dan tapanuli selatan.

Malam Pagelaran Budaya yang diisi oleh empat etnis ini, yang pertama tampil adalah etnis jawa dengan tarian Gembyong, sedangkan etnis Tionghoa menampilkan tarian Liu Ming, kemudian etnis Simalungun menyajikan tarian Tor-Tor Sombah Penyambutan Tamu dan yang tak kalah menariknya lagi yaitu penampilan etnis Tapanuli Selatan dengan tarian khasnya yaitu Salak-Salak Sibakua.

            Kegiatan yang dihadiri ribuan masyarakat itu terlihat hadir Mantan Wakil Bupati Labuhanbatu H. Sudarwanto, SP, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe, para Kepala OPD dan undangan lainnya.