Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Tingkatkan Konsumsi Ikan Bagi Masyarakat, Ketua TP PKK Labuhanbatu Ikuti Lomba Masak Serba Ikan

Teks Foto : Tim penilai lomba masak serba ikan sedang mengamati Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe mengikuti kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

IMG 1857RANTAUPRAPAT, ML : Tingkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe ikuti lomba masak serba ikan yang berlangsung diarea kolam renang Hotel Permata Land Rantauprapat, Selasa (29/10/2019).

Tim Penggerak PKK Labuhanbatu pada kesempatan ini bersinergi dengan Pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Labuhanbatu berperan aktif dalam berpartisipasi mengkampanyekan gemar ikan melalui kegiatan lomba masak serba ikan, asupan protein yang cukup dengan mengkonsumsi ikan untuk menguatkan, mencerdaskan, dan menyehatkan. 

Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Esty Pancaningdyah MSi menuturkan, lomba ini merupakan acara untuk memperkenalkan ikan,  tetapi terkadang banyak anak-anak yang tidak suka ikan.

"lomba ini semoga bisa memberikan informasi bagi kita semua bagaimana memasak ikan agar di sukai anak-anak juga balita dan anak SD, lomba ini sudah diadakan 10 tahun yang lalu di Kementerian, namun di Labuhanbatu baru yang ke-3, lomba ini juga implementasi dari program gemar makan ikan," sebut Esty.

Lebih lanjut Ir. Esty Pancaningdyah menghimbau masyarakat untuk lebih gemar makan ikan dan kurangi makan daging, saat ini kondisi di Indonesia masih banyak yang kekurangan gizi dan juga stunting, tetapi kita bersyukur di Labuhanbatu stunting masih sangat rendah dan kecil.

Ketua TP PKK mengatakan, upaya peningkatan konsumsi ikan terus dilakukan melalui kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan dan tentang kandungan gizi dan manfaat ikan serta menumbuhkan kreatifitas didalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner.

"Ikan memiliki nilai gizi yang lengkap dan tinggi dan dapat dijadikan sumber protein, pada masa seribu hari pertama kehidupan manusia, saat itu pondasi sangatlah penting terutama untuk perkembangan otak masa ini kerap disebut generasi emas, sehingga setiap orangtua perlu memberikan perhatian lebih saat periode tersebut," ujarnya. 

Hj. Rosmanidar juga menyebutkan, bahwa TP PKK sebagai mitra kerja Pemkab Labuhanbatu khususnya dibidang pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga menjadi salah satu ujung tombak dalam mensukseskan program kesehatan menghadapi masalah kekurangan gizi dan pertumbuhan stunting/kerdil dan kurus. 

Dengan terselenggaranya lomba ini, diharapkan dapat menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak, kemudian, terciptanya inovasi-inovasi baru menu berbahan baku ikan serta pemenang nantinya bisa mewakili Pemkab Labuhanbatu pada perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Utara. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. H. Jumingan selaku panitia menjelaskan, lomba masak serba ikan ini adalah yang ke-3 dilakukan di Kabupaten Labuhanbatu, dengan peserta sebanyak 14 tim, 9 berasal dari kecamatan ditambah dari ibu-ibu tim forkopimda.

Dalam perlombaan tersebut ada dua kategori yang dilaksanakan yaitu, yang pertama kategori Menu Utama Makan Siang dan kategori yang kedua yaitu Menu Kudapan/Snack dengan peserta Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Labuhanbatu dan ibu-ibu dari tim Forkopimda.

Diakhir kegiatan perlombaan masak serba ikan tersebut Tim Juri mengumumkan bahwa pemenang lomba dalam kegiatan ini terdiri dari tingkat Forkopimda, Juara I diraih oleh Persit KCK Kodim 0209/LB(nomor urut 2), Juara II diraih oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu (nomor urut 1), Juara III diraih Bhayangkari (nomor urut 3) dan Juara IV diraih oleh Dharmayukti Karini (nomor urut 4).

Untuk tingkat Kecamatan, Juara I Tim Penggerak PKK Kecamatan Rantau Utara, Juara II Kecamatan Bilah Hulu, Juara III Kecamatan Pangkatan, Juara Harapan I Kecamatan Bilah Hilir, Juara Harapan II Kecamatan Panai Hulu dan Juara Harapan III diraih Tim Penggerak PKK Kecamatan Rantau Selatan.