Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu Canangkan Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2019

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT ketika mencanangkan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-KESEHATAN Kasbupaten Labuhanbatu Tahun 2019 di Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu yang ditandai dengan pemukulan gong.

IMG 2134RANTAUPRAPAT, ML : Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT canangkan bakti sosial kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2019 dengan tema "Kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera" yang berlangsung di Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu, Rabu (30/10/2019) sore.

Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT mengatakan, Kampung KB ini bukan hanya tugas dari beberapa Dinas, tetapi semua Dinas harus bersama-sama mensukseskan Kampung KB, dan inovasi terbaru dari Desa Pondok Batu saat ini yaitu Desa wisata berbasis budidaya ikan dalam ember.

"Kita ingin ada kampung KB yang dikenal di Indonesia berasal dari Kabupaten Labuhanbatu, dana Desa begitu besar, tetapi saat ini belum ada inovasi dan kreatifitas yang bisa dikenal daerah luar Labuhanbatu, semua perangkat Desa dan kecamatan harus bisa kompak, jika tidak kompak wilayah tersebut tidak akan berkembang," sebut Bupati. 

Perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara Drs. Temazaro Zega, M.Kes menyampaikan, pihaknya meyakini Pemkab Labuhanbatu akan sukses dalam program Kampung KB, contohnya Kampung KB Desa Pondok Batu, Kampung KB ini adalah instruksi dari Presiden, untuk Provinsi Sumut khususnya Labuhanbatu sangat luar biasa dan telah di interpensi oleh seluruh lintas sektoral.  

"Pada hari Senin lalu Kementrian Kesehatan telah membrifing seluruh BKKBN se-Indonesia, dan juga di Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mencegah stunting, bukan hanya didaerah yang ada stunting tetapi juga seluruh Indonesia, jika ada stunting didalamnya bagaimana akan terwujud  SDM yang unggul," jelas Temazaro. 

Kemudian, Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe mengungkapkan, pencanangan ini adalah sebagai bentuk dukungan dan komitmen pemerintah dengan PKK untuk bersama-sama mensukseskan program KKBPK dan Kesehatan, kegiatan ini berjalan selama 3 bulan mulai Oktober sampai Desember 2019.

"Kepada ibu ketua PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan agar melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan  hingga bulan Desember mendatang dimasing-masing wilayah, jalin kerjasama dengan instansi terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas PMD sehingga bisa tepat sasaran," ungkapnya. 

Kepala Dinas PP&KB Labuhanbatu Hj. Lidyawati Harahap S.PSi, M.Ap menginformasikan, bahwa ditetapkannya Desa Pondok Batu sebagai kampung KB percontohan karena sudah memenuhi berbagai indikator keberhasilan, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat masyarakat untuk mengembangkan kampung KB.

"Pada tahun 2018 Desa Pondok Batu ditetapkan sebagai kampung KB terbaik I oleh gubernur Sumatera Utara, mohon dukungan pak Bupati untuk menjadikan Desa ini sebagai Desa wisata berbasis budidaya ikan dalam ember khususnya lele dan saat ini sudah ada sebanyak 110 tong dan sudah pernah panen kemarin," ujar Lidyawati. 

Lebih lanjut Lidyawati menjelaskan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan di luar (out door) agar masyarakat luas mengetahuinya dan bisa melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan dan pengembangan kampung KB yang ada di Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu. 

Pencanangan bakti sosial itu juga turut diwarnai pemberian apresiasi kepada fasilitator silasmi kepada kampung KB percontohan Desa Pondok batu, dan apresiasi kepada koordinator DPPKB Kecamatan Bilah Hulu, kemudian, penyerahan bantuan sarana perpustakaan, bantuan betor ke Bank Sampah, dan pemberian bibit ikan lele secara simbolis.

Selanjutnya, launching aplikasi rumah data dan peninjauan rumah data Desa Pondok Batu, pemberian Identitas Anak (KIA), bantuan sembako kepada 10 orang warga yang menerima bedah rumah, serta pemberian mukenah kepada badan kemakmuran masjid diantaranya, masjid Syuhada, masjid Jamiatur Rahmi, dan masjid Jami' Aminah. Disamping itu Bupati Labuhanbatu beserta rombongan dilokasi yang berbeda meresmikan rumah data dan perpustakaan Kampung KB Pondok Batu serta panen lele maupun penaburan benih ikan lele dan panen kangkung.