Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu : Bank Sampah Yang Ada Di Labuhanbatu Akan Terus Saya Pantau

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Kamal Ilham, SKM, MM sedang menyerahkan viar kenderaan roda tiga pengangkut sampah.

IMG 6683BILAH HULU, ML : Bank sampah yang ada di Labuhanbatu akan terus saya pantau, dan diharapkan bisa menghasilkan keuntungan, jadilah pejuang lingkungan untuk kesejahteraan anak-anak dimasa depan, kita yang masih hidup di dunia harus bersyukur kepada Tuhan YME begitu banyak nikmat yang telah dititipkan, dan tugas kita saat ini adalah menjaga lingkungan yang nyaman.

Demikian dikatakan Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT saat menyampaikan arahannya pada acara puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Bolakaki Carotin Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu, Rabu (18/12/2019) pagi yang dihadiri unsur Forkopimda Labuhanbatu dan Kepala OPD serta Camat Bilah Hulu.

Lebih lanjut Bupati Labuhanbatu mengatakan, Kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, saat ini petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dituntut untuk tegas kepada perusahaan karena sudah diatur dalam undang-undang, semoga pabrik lebih bisa menjaga lingkungan disekitarnya.

Menurutnya, Pengelolaan limbah juga harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, jika ada pabrik yang mencemari lingkungan dan juga sungai kami akan buat teguran agar segera ditutup, saya akan keluarkan Perda agar di perkebunan punya alat pemadam kebakaran terkhusus diwilayah gambut.

Semoga Pemkab dan para perusahaan bisa bekerjasama didalam membangun Kabupaten Labuhanbatu, mari bersama menjaga lingkungan, tidak ada lagi kebakaran di tanah gambut kedepannya, kepada perusahaan yang berada di sekitar wilayah pantai, saya mengimbau agar melakukan perawatan dan menyiapkan alat berat sebab di musim penghujan ini banyak jalan-jalan rusak yang sulit untuk dilewati, semoga ada kepedulian para perusahaan untuk masyarakat Labuhanbatu, pinta Bupati Labuhanbatu.

GM perkebunan Aek Nabara Selatan Hendri Alim mewakili pimpinan perusahaan PTPN III dan segenap karyawan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan kepercayaan kepada Kebun Aek Nabara Selatan untuk melaksanakan kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Sesuai dengan tema biru langitku hijau bumiku diharapkan dapat membuka kesadaran kita semua langit yang tetap biru dan bumi yang tetap hijau akan diperoleh jika kita berperan aktif menjaga dan memelihara lingkungan dengan cara rajin menanam sehingga bisa lestari hingga anak cucu kita.

Sementara, Panitia Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ida Farida, ST, M.KM mengatakan, hari lingkungan hidup sedunia diperingati demi meningkatkan kesadaran global akan tindakan positif bagi perlindungan alam dan planet bumi. Adapun tema pada peringatan HLHS Tahun 2019 adalah "Biru langitku, hijau bumiku" menggambarkan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau.

Peringatan HLHS ini juga diwarnai dengan pemberian 2 unit Viar untuk bank sampah Sidorukun Kecamatan Pangkatan, dan Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu, piala dan sertifikat pemenang lomba pengetahuan lingkungan hidup, kemudian, sertifikat untuk perusahan dengan 3 kategori, yakni, perusahaan peraih profer, perusahaan taat pelaporan pemantauan kinerja lingkungan hidup.

Kemudian dalam acara tersebut juga dirangkai dengan pemberian bibit Kelapa Hibrida sebanyak 50 pokok ditambah bibit Mangga, Jambu, Mahoni dan bibit saoh sebanyak 100 buah yang dirangkai dengan pemberian bantuan angkong sebanyak 4 unit untuk masyarakat dan pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa yang diakhiri dengan penanaman pohon di sekitar lapangan bolakaki carotin aek nabara.