Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Sekda dan Jemaah Umroh Pemkab Labuhanbatu di Jamu Warga Saudi Arabia Keturunan Rantauprapat

IMG 20200217 WA0032 Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu  Ahmad Muflih, SH, MM yang sedang melaksanakan ibadah umroh bersama istri dan jemaah umroh yang diberangkatkan Pemkab Labuhanbatu diundang oleh Muhammad Hasibuan Bin Abdul Choni  Rasul Hasibuan Warga Negara Saudi Arabia keturunan Indonesia yang berasal dari Rantauprapat, Labuhanbatu, ke kediamannya di sekitar wilayah Mekkah, Minggu (16/2) pukul 19.00 waktu Saudi Arabia.
 
      Dalam kesempatan itu, Muhammad Hasibuan Bin Abdul Choni Rasul Hasibuan menjamu para jamaah dengan berbagai makanan yang khusus disediakan. Selain Muhammad, adik kandungnya Abu Bakar Bin Abdul Choni Rasul Hasibuan yang tinggal di Kota Jeddah, juga sengaja datang untuk turut menyambut para jamaah.
 
    Dalam kesempatan itu, Muhammad mengatakan, almarhum ayahnya Abdul Choni Rasul Hasibuan merupakan putra asli Labuhanbatu yang hijrah ke Saudi Arabia sebelum zaman penjajahan Jepang untuk menuntut ilmu.
 
      " Dahulu, setelah tamat mengaji di Basilam, Langkat, almarhum ayah saya merasa belum puas dengan ilmu yang didapatnya. Lalu, almarhum pun hijrah kesini untuk menuntut ilmu. Hijrahnya sebelum zaman penjajahan Jepang" katanya mengawali ceritanya.
 
     Menurut Muhhamad, karena almarhum ayahnya telah menjadi warga negara Saudi Arabia, maka dia dan adiknya Abu Bakar juga menjadi warga negara Saudi Arabia. Dia dan adiknya lahir, besar dan sekolah dan bekerja di Saudi Arabia.
 
     " Saya besar disini, sekolah disini, mengaji disini. Nasib baik bisa hidup disini" katanya.
 
     Muhammad mengaku masih banyak keluarga dan sanak famili di Rantauprapat. Diantara sanak famili terdekat adalah Sekda Ahmad Muflih, yang mana almarhum ayahnya masih bersaudara kandung dengan almarhum ayah dari ibunda Sekda Ahmad Muflih.
 
    "Saya pernah beberapa kali pulang ke Rantauprapat. Family semua di Rantauprapat. Termasuk Muflih. Almarhum ayah saya dengan almarhum ayah ibundanya bersaudara kandung" ujarnya.
 
    Muhhamad mendoakan semoga para jamaah menjadi umroh mabrur yang dosanya dihapus oleh  Allah Swt.   " Mudah-mudahan kita bisa kumpul di syurga seperti hari ini kumpul disini" ucapnya.
 
    Senada, Sekda Ahmad Muflih mengatakan bahwa dirinya merupakan keponakan dari Muhammad. Dia memanggil Muhammad dengan sebutan Ammi atau Tulang.
 
   Muflih mengatakan, meski telah menjadi warga negara Saudi Arabia, Muhammad tidak pernah lupa dengan kampung halamannya Rantauprapat, Labuhanbatu. Setiap jamaah haji atau umroh selalu disambut dan dijamu di kediamannya. Hal itu merupakan pesan dari almarhum ayahnya Abdul Choni  Rasul Hasibuan.
 
     " Beliau tidak pernah lupa dengan kampung halamannya Labuhanbatu. Setiap rombongan jamaah haji atau umroh dari Labuhanbatu selalu diundang  dan dijamu di rumahnya dgn senang hati. Ini merupakan pesan dari almarhum ayahandanya yang merupakan atok saya. Beliau selalu bilang, setiap ada jamaah yang datang kerumahnya maka seperti betambah nyawa atau semangatnya" ujar Muflih.
 
    Kepada Muhammad, Muflih menjelaskan, bahwa jamaah umroh yang datang ke kediamannya itu merupakan rombongan jamaah umroh yang diberangkatkan oleh Pemkab Labuhanbatu yang dipimpin oleh Ustadz Khairul Dalimunthe, SAg.
 
   " Jammah umroh ini adalah jamaah yang diberangkatkan oleh Pemkab Labuhanbatu. Rombongan terdiri dari para Qori, Qoriah, Vocalis Nasyid terbaik Labuhanbatu, Nazir Masjid dan Jurnalis. Bapak Bupati H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT memang berjanji akan memberangkatkan mereka ke tanah suci ini" terang Muflih.
 
Disela-sela pertemuan itu, kepada wartawan Ahmad Muflih mengatakan bahwa Muhammad merupakan pensiunan pegawai negeri Saudi Arabia dan pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Kantor Wilayah Dinas Pendidikan Kota Mekkah.
 
    Sebelum jamuan makan, acara diawali dengan pelaksanaan sholat maghrib berjamaah yang diimami oleh Muhammad Hasibuan Bin Abdul Choni  Rasul Hasibuan dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur, an  oleh para Qori dan Qoriah. Mereka diantaranya Putra Aulya Akbar juara 1 tilawah Qur'an remaja putra Kabupaten Labuhanbatu, Abdul Qodir Djaelani juara 1 tilawah Qur, an anak-anak putra Kabupaten Labuhanbatu, Nanda Al Hazmi Hasibuan juara Tahfidz Qur, an 10 Juz tingkat Provinsi Sumatera Utara, Habib Arramadhani juara 1 tilawah anak-anak Desa Pematang Seleng, Raja Abdillah dan 
Rohana Tunnida Nasution juara 1 vocalis terbaik putra dan putri Kabupaten Labuhanbatu serta Rijal Bakri juara harapan III tingkat nasional pidato bahasa arab.
 
    Usai jamuan makan yang juga dihadiri oleh Kepala Staf Ahli Pemkab Labuhanbatu Ir. Esty Pancaningdiah, MSi dan Sekretaris KPU Labuhanbatu Khairuddin itu, Muhammad memberikan bingkisan kepada para jamaah.Saat melepas kepulang dari kediamannya, Muhammad tampak meneteskan air mata.